Electronic Arts Inc.
Kebijakan Privasi dan Kuki

Terakhir Diperbarui: 28 Agustus 2020

TRUSTeTRUSTe

Privasi Anda penting bagi EA dan kami bertanggung jawab menjaganya dengan serius. Kebijakan ini menjelaskan cara Electronic Arts Inc. (termasuk anak perusahaan dan afiliasi kami, secara kolektif disebut "EA"), memproses informasi pribadi yang kami kumpulkan saat Anda menggunakan produk dan layanan kami pada perangkat mobile, secara online, dan dari unduhan atau saat Anda menghadiri acara langsung yang diadakan oleh atau berhubungan dengan EA (secara keseluruhan disebut "Layanan").

EA berpartisipasi dalam Privacy Shield Framework UE-AS dan Swiss-AS. Untuk mempelajari lebih lanjut https://tos.ea.com/legalapp/WEBPRIVACYSHIELD/US/id/PC/.

DAFTAR ISI

  1. Informasi yang Kami Kumpulkan
  2. Cara Kami Mengumpulkan Informasi
  3. Cara Kami Menggunakan Informasi Anda
  4. Informasi yang Kami Bagikan dengan Pihak Ketiga
  5. Tempat Kami Menampung Informasi Anda
  6. Cara Kami Melindungi Informasi Anda
  7. Anak-anak
  8. Pilihan dan Kontrol Anda
  9. Layanan Pihak Ketiga
  10. Perubahan pada Kebijakan Kami
  11. Hubungi Kami
  12. Hak untuk Menghubungi Otoritas Perlindungan Data
  13. Informasi Lebih Lanjut

1. Informasi yang kami kumpulkan

Informasi yang kami kumpulkan tergantung pada jenis produk yang Anda gunakan dan cara Anda menggunakannya. Silakan lihat di bawah ini untuk lebih jelasnya.
  1. Informasi yang Anda Berikan Langsung kepada Kami

    Kami mengumpulkan informasi yang Anda berikan kepada kami, termasuk namun tidak terbatas pada:

    • Informasi Akun EA Anda, termasuk alamat email, nama pengguna, nama asli, negara, tanggal lahir, nomor telepon, dan kata sandi;
    • Pertanyaan keamanan dan jawaban;
    • Informasi yang Anda berikan sebagai tanggapan terhadap survei tentang Layanan kami;
    • Informasi yang Anda berikan saat mencari bantuan dari kami misalnya nama, nomor telepon, dan rekaman (termasuk rekaman telepon) tentang masalah yang Anda alami; dan
    • Informasi penagihan, seperti nama, nomor kartu pembayaran, perincian akun pembayaran, dan alamat pengiriman Anda;

  2. Informasi yang Anda Berikan Saat Bermain Online

    Ketika Anda berpartisipasi dalam fitur sosial seperti obrolan serta informasi audio, visual, dan/atau elektronik yang Anda ungkap mungkin dibaca, disalin, dikumpulkan ulang atau digunakan oleh pemain lain, dan bisa jadi tersedia untuk umum. Harap pastikan bahwa pengaturan privasi Anda merupakan preferensi Anda.

    Saat Anda berpartisipasi dalam game multipemain online, informasi profil dalam game, permainan game, dan statistik Anda akan terlihat. Di beberapa judul kami, saat Anda memainkan mode multipemain tertentu, kami merekam permainan game Anda dan menayangkannya ulang untuk pemain lain. Dalam mode permainan kompetitif, seperti FUT Champions, kami dapat merekam permainan game, dan input tombol controller Anda, dan menayangkan ulang hal ini bersama dengan informasi profil dalam-game dan statistik game Anda untuk pemain lain dalam-game dan pada acara langsung EA atau mitra.


  3. Informasi Lain yang Kami Kumpulkan Saat Anda Menggunakan Layanan Kami

    Kami dapat mengumpulkan informasi lain secara otomatis saat Anda menggunakan Layanan kami, termasuk, namun tidak terbatas pada:

    • Alamat IP;
    • Informasi tentang perangkat, perangkat keras, dan perangkat lunak Anda, seperti pengidentifikasi perangkat keras, jenis platform, pengaturan dan komponen, perangkat lunak EA dan pembaruan yang telah Anda instal, dan keberadaan plugin yang diperlukan;
    • Data geolokasi perkiraan (berasal dari pengaturan IP atau perangkat);
    • Informasi browser, termasuk jenis browser Anda dan bahasa yang Anda sukai;
    • Halaman rujukan dan keluar, termasuk halaman yang dilihat dan interaksi lainnya dengan konten web;
    • Detail tentang game atau Layanan EA yang Anda beli atau dapatkan, dan penggunaan Anda atasnya;
    • Informasi peristiwa perangkat, termasuk laporan kerusakan, URL permintaan dan rujukan serta detail aktivitas sistem (mis. apakah Anda mengalami kesalahan dalam memainkan game kami atau kehilangan akses Internet);
    • Informasi biometrik (untuk aplikasi tertentu seperti aplikasi pemindaian wajah); dan
    • Informasi lain (seperti keserupaan Anda) yang mungkin Anda berikan sebagai bagian dari partisipasi Anda dalam acara langsung.

    Kami juga dapat mengumpulkan dan menyimpan informasi secara lokal pada perangkat Anda, menggunakan mekanisme seperti kuki, penyimpanan web browser (termasuk HTML 5) dan data cache.

  4. Informasi yang Diberikan kepada Kami oleh Pihak Ketiga

    Sistem PlayStation®3, Sistem PlayStation®4, & Konsol PlayStation®5. Dengan mendaftar untuk menggunakan Layanan online EA di sistem PlayStation®3 atau sistem PlayStation®4, atau konsol PlayStation®5, Anda menyetujui informasi akun untuk PlayStation™Network Anda akan diberikan kepada EA, sehingga kami dapat membuatkan Akun EA untuk Anda. Anda memerlukan Akun EA untuk mengakses Layanan online EA. Dari Sony, kami menerima informasi termasuk nama, alamat email, ID online Anda, negara, negara bagian atau provinsi, bahasa, preferensi tertentu yang telah Anda tetapkan, dan tanggal lahir Anda. Kami tidak menerima nomor kartu kredit Anda atau informasi keuangan lainnya.

    Xbox Live. Dengan mendaftar untuk menggunakan Layanan online EA di Layanan Xbox Live Microsoft, Anda menyetujui bahwa Microsoft dapat memberikan informasi akun pengguna Microsoft Anda kepada kami, sehingga kami dapat membuat Akun EA untuk Anda. Anda perlu Akun EA untuk mengakses Layanan online EA. Dari Microsoft, kami menerima informasi termasuk gamertag, alamat email, negara bagian atau provinsi, negara, bahasa, tanggal lahir, preferensi tertentu yang telah Anda tetapkan, dan usia. Kami tidak menerima nomor kartu kredit Anda atau informasi keuangan lainnya.

    Wii/Wii U. Dengan mendaftar untuk mengakes layanan online WA di konsol Nintendo Wii atau Wii U, Anda menyetujui bahwa Nintendo dapat memberi informasi akun pengguna Nintendo Anda kepada kami sehingga kami dapat membuat Akun EA untuk Anda. Anda perlu akun EA untuk mengakses layanan online EA. Dari Nintendo, data yang kami terima mencakup informasi Mii, alamat email, Nintendo Network ID, daftar teman, negara, bahasa, dan tanggal lahir Anda. Kami tidak menerima nomor kartu kredit Anda atau informasi keuangan lainnya.

    Nintendo Switch™. Dengan mendaftar untuk mengakses Layanan online EA di konsol Nintendo Switch™, Anda menyetujui bahwa Nintendo dapat memberi informasi Nintendo Account Anda kepada kami sehingga kami dapat membuat Akun EA untuk Anda. Anda perlu akun EA untuk mengakses layanan online EA. Dari Nintendo, data yang kami terima meliputi nama panggilan, alamat email, daftar teman, negara, bahasa, dan tanggal lahir Anda. Kami tidak menerima nomor kartu kredit Anda atau informasi keuangan lainnya.

    Platform Seluler. Jika Anda bermain atau membeli game kami di perangkat seluler dan/atau tablet, kami menerima informasi tentang Anda dari toko aplikasi dan penyedia platform seluler lainnya. Informasi ini mencakup nama pengguna dan/atau ID perangkat Anda dan fakta bahwa Anda melakukan pembelian, tetapi tidak menyertakan informasi sensitif atau informasi keuangan. Beberapa platform seluler kami mungkin mengirim informasi kepada kami berdasarkan otorisasi yang Anda berikan kepada mereka. Game seluler kami juga dapat meminta informasi pribadi tambahan dari Anda, seperti token pemberitahuan push, lokasi perangkat atau daftar kontak Anda, dan kami akan mengumpulkan informasi ini hanya jika Anda memberikan kami persetujuan.

    Pihak Ketiga Lainnya

    Kami dapat menerima informasi dari pihak ketiga, seperti Facebook atau Apple game Center, saat Anda menggunakan layanan ini pada game kami. Kami juga dapat menerima informasi tentang Anda saat pemain lain memilih untuk membagikan daftar kontaknya dengan kami.

  5. Dasar Hukum untuk Pemrosesan

    Dasar hukum kami untuk memproses informasi pribadi Anda bervariasi tergantung pada negara tempat Anda tinggal, seperti yang ditunjukkan saat Anda menyiapkan akun Anda.

    Jika Anda adalah penduduk Kawasan Ekonomi Eropa atau wilayah hukum yang serupa dengan persyaratan hukum yang mungkin berlaku seperti Brasil, Swiss, dan Amerika Serikat, kami menggunakan beberapa dasar hukum untuk memproses informasi tentang Anda, bergantung pada jenis informasi dan konteks kami mengumpulkan informasi tersebut. Kami akan memproses informasi tentang Anda jika kami memiliki persetujuan dari Anda, yang mana kami memiliki kepentingan yang sah untuk melakukannya, jika pemrosesan diperlukan untuk pelaksanaan kontrak dengan Anda, dan/atau jika kami memiliki kewajiban hukum untuk memproses informasi Anda. Sebagai contoh, kami biasanya mengandalkan pada:

    • persetujuan saat menempatkan kuki pada perangkat Anda di web (melalui manajer persetujuan kuki kami) untuk mengirimkan email yang berkaitan dengan pemasaran atau mengirimkan iklan dengan sasaran khusus dari pihak ketiga kepada Anda di Layanan kami;
    • kepentingan kami yang sah untuk memproses informasi Anda saat memberi Anda dukungan layanan pelanggan, untuk melayani pemasaran yang ditargetkan atas Layanan kami, untuk keperluan pencegahan penipuan dan keamanan; serta
    • pada kebutuhan kontraktual untuk memproses informasi ketika Anda membuat Akun EA, dan memungkinkan kami untuk memberikan Layanan kami kepada Anda.

    Untuk mempelajari selengkapnya tentang dasar hukum yang mendasari kami untuk memproses informasi Anda untuk tujuan tertentu, silakan hubungi kami melalui opsi di Bagian 11 di bawah ini.

    Jika Anda adalah penduduk dari yurisdiksi lainnya, dasar hukum kami untuk memproses informasi Anda adalah persetujuan atas Kebijakan ini dan/atau persetujuan khusus apa pun untuk memproses informasi yang telah Anda sediakan.

2. Cara Kami Mengumpulkan Informasi

Kami dan pihak ketiga menggunakan teknologi berikut ini untuk mengumpulkan informasi dan memberikan Layanan.
  1. Kuki dan Teknologi Serupa

    Kuki adalah file teks kecil yang disimpan di browser Internet Anda. Kami menggunakan kuki dan teknologi serupa untuk membantu kami memahami hal-hal seperti halaman web, fitur, atau iklan yang Anda lihat dan game yang Anda mainkan. Informasi ini akan membantu kami melacak keranjang belanja Anda, mengukur keefektifan iklan kami, memastikan Anda tidak melihat iklan yang sama berulang kali, serta membantu meningkatkan pengalaman pemain Anda. Anda dapat menonaktifkan kuki, membatasi jenis kuki yang Anda izinkan, atau mengatur browser Anda untuk memberitahu Anda saat kuki sedang dikirim. Silakan lihat panduan yang disediakan oleh peramban web Anda jika Anda menginginkan bantuan dalam mengelola preferensi kuki Anda. Kami juga menawarkan alat persetujuan kuki di wilayah tertentu untuk membantu Anda mengelola kuki Anda.

    Kami dapat menggunakan piksel pelacak atau GIF jernih untuk mengumpulkan informasi tentang aktivitas Anda pada Layanan kami dan tanggapan Anda terhadap email promosi kami. Kami menggunakan file log Internet (yang berisi data teknis seperti alamat IP Anda) untuk memantau lalu lintas di Layanan kami, memecahkan masalah teknis, mendeteksi dan mencegah penipuan, serta menegakkan Persetujuan Pengguna kami. Saat ini kami tidak merespons ke sinyal Jangan Melacak/Do Not Track (DNT). Anda dapat menolak jenis pelacakan tertentu di web, termasuk analitis tertentu dan iklan eksklusif dengan mengubah pengaturan kuki di browser Anda atau melalui alat persetujuan kami.

    Kami juga menggunakan teknologi Analitis, Periklanan, Anti-Curang dan Anti-Penipuan dalam Layanan kami. Teknologi ini dapat menggunakan kuki yang sama atau mekanisme serupa berdasarkan penjelasan di bawah ini.

  2. Teknologi Analitis

    Kami menggunakan teknologi analitis internal dan pihak ketiga untuk mengumpulkan informasi tentang aktivitas Anda pada Layanan kami, komputer atau perangkat Anda dan kesehatan Layanan kami.

    Misalnya, EA dapat mengumpulkan dan menyimpan data dari komputer atau perangkat Anda saat Anda menggunakan Layanan kami. Informasi ini mencakup informasi teknis dan informasi terkait tentang komputer atau perangkat Anda dan sistem operasi (seperti Alamat IP dan ID perangkat), informasi tentang aktivitas Anda pada fitur, permainan game, dan statistik penggunaan tertentu, interaksi sistem dan perangkat keras perifer untuk tujuan yang dijelaskan dalam Pasal 3 berikut. Jika Anda bermain game secara offline tanpa sambungan Internet, data ini akan disimpan di perangkat Anda dan ditransmisikan ke EA saat perangkat Anda tersambung ke Internet. Jika Anda berpartisipasi dalam Layanan online, EA juga dapat mengumpulkan, menggunakan, menyimpan, mentransmisikan, dan menampilkan persona dan/atau data statistik Anda secara terbuka terkait permainan game Anda (termasuk skor, peringkat, dan pencapaian), atau mengidentifikasi konten yang dibuat dan dibagikan oleh Anda dengan pemain lain.

    Teknologi analitis pihak ketiga yang diintegrasikan ke dalam Layanan kami dapat menggabungkan informasi yang mereka kumpulkan sehubungan dengan Layanan EA dengan informasi yang mereka kumpulkan secara independen dari waktu ke waktu dan di berbagai platform yang berbeda. Banyak dari perusahaan-perusahaan ini mengumpulkan dan menggunakan informasi di bawah kebijakan privasi mereka sendiri. Daftar perusahaan analitis pihak ketiga yang beroperasi di Layanan kami serta langkah penolakan, apabila diizinkan, tersedia di privacyappendix.ea.com.

  3. Teknologi Layanan Ad

    Beberapa Layanan kami menggunakan teknologi penayangan iklan yang menggunakan kuki, GIF jernih, web beacon, pelacakan piksel, dan teknologi yang serupa lainnya untuk memberikan penawaran kepada Anda. Beberapa teknologi ini dapat menyinkronkan atau menghubungkan perilaku di berbagai situs web, aplikasi seluler, dan perangkat berbeda untuk menyesuaikan tawaran sesuai dengan minat Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin disuguhi dengan tawaran game yang mungkin Anda sukai. Atau jika Anda menunjukkan ketertarikan pada suatu game, di kemudian hari Anda dapat menerima iklan untuk game tersebut atau Layanan serupa di situs EA atau pihak ketiga. Teknologi iklan dalam game lainnya memfasilitasi penawaran agar dapat diunggah ke game, browser web, atau perangkat seluler Anda untuk sementara waktu dan kemudian diganti saat Anda sedang online.

    Teknologi ini mengumpulkan dan menggunakan informasi sehingga kami dapat memberikan penawaran yang sesuai untuk Anda juga mengukur efektivitas tawaran ini. Selain pengidentifikasi, informasi tersebut mencakup:

    • Iklan yang ditampilkan dan lokasi iklan;
    • Durasi iklan dapat terlihat;
    • Jenis domain, alamat IP, ukuran iklan; dan
    • Tanggapan iklan.

  4. Perusahaan iklan pihak ketiga dapat memadukan informasi yang dikumpulkan dalam rangka pengiriman tawaran kepada Anda melalui Layanan dengan informasi lain yang mereka kumpulkan secara independen selama ini dan dari berbagai situs web. Banyak dari perusahaan-perusahaan ini mengumpulkan dan menggunakan informasi di bawah kebijakan privasi mereka sendiri. Daftar perusahaan penayangan iklan yang mengoperasikan jaringannya sendiri pada Layanan kami serta langkah penolakan, apabila diizinkan, tersedia di privacyappendix.ea.com.

    Untuk mempelajari lebih lanjut tentang praktik jaringan iklan ini, atau untuk menolak iklan bertarget pihak ketiga, Anda dapat mengunjungi www.networkadvertising.org, www.aboutads.info/choices, youradchoices.ca, atau www.youronlinechoices.eu. Perhatikan bahwa mengeluarkan iklan tidak berarti Anda tidak akan melihat iklan; sebaliknya, iklan yang Anda lihat mungkin kurang relevan dengan Anda.

  5. Teknologi Anticurang dan Pencegahan Penipuan

    EA berusaha untuk menyediakan lingkungan permainan yang aman dan adil untuk semua pemain. Saat Anda menggunakan Layanan kami, kami atau pihak ketiga dapat menggunakan kuki dan teknologi serupa, serta mengumpulkan data tentang mesin atau perangkat Anda, untuk membuat mesin “sidik jari” atau “hash” dari komponen mesin Anda, untuk pencegahan penipuan, tujuan keamanan, dan pembuktian keaslian. Kami juga dapat memantau informasi yang tersedia secara publik, situs pihak ketiga dan/atau menggunakan teknologi anticurang pada Layanan kami, termasuk algoritme anti penipuan dan penyalahgunaan otomatis. Jika Anda yakin bahwa akses Anda ke produk dan/atau layanan kami diblokir oleh teknologi ini karena kesalahan, silakan hubungi Bantuan EA di help.ea.com.

3. Cara Kami Menggunakan Informasi Anda

Kami menggunakan informasi pribadi Anda, secara individu dan digabungkan bersama, dengan cara berikut.

Untuk mengoperasikan bisnis kami dan untuk meningkatkan dan mempersonalisasi pengalaman game Anda, termasuk untuk:
Untuk memberikan Anda dukungan, termasuk untuk:
Untuk mempersonalisasikan komunikasi kami dengan Anda, termasuk untuk:
Kami menyimpan informasi yang kami kumpulkan selama diperlukan untuk menyediakan Layanan kami, dan kami dapat menyimpan informasi tersebut di luar periode tersebut jika diperlukan untuk alasan hukum, operasional, atau alasan sah lainnya.

Kami juga dapat membatalkan identifikasi, menganonimkan, atau mengagregasi informasi yang kami kumpulkan, atau mengumpulkannya dengan cara yang tidak secara langsung mengidentifikasi Anda. Kami dapat menggunakan dan berbagi informasi tersebut sebagaimana diperlukan untuk tujuan bisnis kami dan sebagaimana diizinkan oleh hukum yang berlaku.

4. Informasi yang Kami Bagikan dengan Pihak Ketiga

Kami tidak membagikan, menjual (sebagaimana istilah tersebut ditentukan berdasarkan undang-undang privasi yang berlaku, seperti Undang-Undang Privasi Konsumen California), atau mengungkapkan informasi pribadi Anda, kecuali dijelaskan dalam kebijakan ini. Untuk daftar kategori informasi pribadi yang kami jual atau ungkapkan tentang konsumen untuk tujuan bisnis dalam 12 bulan terakhir, silakan hubungi kami seperti yang tertera dalam Pasal 11 di bawah ini.

Penyedia layanan. Kami mempekerjakan pihak ketiga yang ada di dan di luar negara tempat tinggal Anda (termasuk di luar European Economic Area/Wilayah Ekonomi Eropa (EEA)) untuk mengumpulkan atau memroses informasi pribadi atas nama kami untuk tujuan yang dijelaskan dalam Pasal 3 di atas, termasuk tetapi tidak terbatas pada melakukan survei pasar, menyediakan layanan TI dan layanan terkait, memfasilitasi pemrosesan kartu kredit, memfasilitasi acara langsung, atau mengirim email. Kami mewajibkan pihak ketiga untuk menggunakan data hanya atas nama kami dan untuk tujuan yang konsisten dengan kebijakan ini.

Mitra bisnis. Kami dapat memberikan informasi pribadi kepada mitra bisnis yang dengannya kami bersama-sama menawarkan Layanan. Mitra ini termasuk perusahaan yang menyediakan platform yang Anda mainkan atau game seperti Sony (sistem PlayStation®4 atau konsol PlayStation®5), Microsoft (Xbox), atau lainnya.

Afiliasi. Kami dapat membagikan informasi pribadi dengan perusahaan terafiliasi.

Mitra periklanan. Melalui Layanan kami, kami dapat mengizinkan mitra iklan pihak ketiga untuk memasang teknologi dan alat pelacak lainnya untuk mengumpulkan informasi tentang penggunaan Layanan EA dan perangkat Anda (misalnya, alamat IP, pengidentifikasi seluler, halaman yang dikunjungi, lokasi, informasi browser, waktu Anda). Kami juga dapat menggabungkan dan berbagi informasi tersebut dan informasi lainnya (seperti informasi akun Anda yang tidak teridentifikasi, informasi demografis, spesifikasi perangkat keras, dan riwayat pembelian sebelumnya) dengan mitra iklan pihak ketiga. Mitra iklan dapat menggunakan informasi ini (dan informasi serupa yang dikumpulkan dari situs web lain) untuk tujuan pengiriman iklan yang ditargetkan kepada Anda saat Anda mengunjungi situs web pihak ketiga di dalam jaringannya. Praktik ini biasa disebut sebagai "iklan berdasarkan minat" atau "iklan perilaku online." Kami dapat mengizinkan akses ke data lain yang dikumpulkan oleh Layanan untuk berbagi informasi yang mungkin berguna, relevan, berharga atau yang menarik bagi Anda.

Jika Anda memilih untuk tidak membagikan informasi pribadi EA Anda dengan mitra iklan pihak ketiga, Anda dapat mengikuti petunjuk di halaman ini untuk mengubah pengaturan Anda: https://tos.ea.com/legalapp/WEBPRIVACYCA/US/en/PC/.

Mohon lihat juga Pasal 2(D) di atas untuk detail lebih lanjut tentang pilihan Anda terkait iklan online.

Pengungkapan informasi untuk perlindungan diri atau orang lain. Kami dapat mengakses, menyimpan, dan mengungkapkan informasi apa pun yang kami simpan yang terkait dengan Anda ke pihak eksternal jika kami, dengan itikad baik, meyakini bahwa hal itu diperlukan atau sesuai untuk: mematuhi penegakan hukum atau permintaan keamanan nasional dan proses hukum, seperti perintah pengadilan atau somasi; melindungi hak-hak, properti, atau keselamatan Anda, kami, atau orang lain; menegakkan kebijakan atau kontrak kami; mengumpulkan jumlah yang terutang kepada kami; atau membantu dalam penyelidikan atau penuntutan atas dugaan atau aktivitas ilegal yang sebenarnya. Secara khusus, jika kami menerima laporan bahwa Anda telah melanggar kebijakan kami (seperti Positive Play Charter dari kami yang tersedia di https://www.ea.com/commitments/positive-play/charter), kami dapat mengungkapkan laporan itu dan informasi terkait lainnya ke platform tempat Anda memainkan game kami, seperti Sony (sistem PlayStation®4 atau konsol PlayStation®5), Microsoft (Xbox), dan lainnya.

Pengungkapan dalam hal merger, penjualan, atau perpindahan aset lainnya. Dalam hal reorganisasi, divestasi, merger, penjualan atau kebangkrutan, kami dapat mentransfer semua informasi yang kami kumpulkan kepada pihak ketiga terkait dan akan meminta izin Anda untuk melakukannya jika diperlukan oleh hukum atau perjanjian.

Plugin Pihak ketiga. Ketika teknologi pihak ketiga atau alat sosial yang diintegrasikan ke dalam Layanan kami, pihak ketiga tersebut dapat mengumpulkan informasi tentang penggunaan Anda atas Layanan kami. Contohnya adalah tombol “Suka” Facebook

Berbagi Lintas Platform. Beberapa game kami memungkinkan Anda untuk terhubung dan bermain dengan teman dan anggota komunitas game, apa pun platform yang mereka mainkan. Sebagai contoh, seseorang di Xbox dapat bergabung dalam satu pertandingan dengan pemain yang menggunakan sistem PlayStation®4 atau konsol PlayStation®5. Kami menyebut kemampuan untuk mencocokkan pemain di semua platform ini "Cross-Play" ("Lintas-Permainan"). Saat Cross-Play diaktifkan dan Anda bermain dengan seseorang di platform lain, platform lain tersebut mungkin menerima ID platform Anda (seperti ID Xbox Gamertag, atau ID Online akun untuk PlayStation™Network Anda) bersama dengan informasi lain yang diperlukan untuk mengaktifkan Cross-Play. Selain itu, kami dapat memberikan informasi tentang penggunaan fitur Cross-Play ke platform tempat Anda memainkan game kami. Anda dapat mengubah preferensi Cross-Play Anda dengan mengunjungi menu pengaturan game.

Beberapa game kami mungkin juga memfasilitasi sambungan akun Anda ke berbagai platform. Dengan ini, Anda dapat melanjutkan kemajuan dalam game antar platform, serta mengaktifkan kemampuan untuk membeli di satu platform agar tersedia di platform lain. Kami juga akan membagi informasi bersama platform-platform jika diperlukan untuk mengaktifkan fitur ini.

Platform lain yang menerima informasi Anda dapat meliputi Sony (sistem PlayStation®4 atau konsol PlayStation®5), Microsoft (Xbox), Nintendo (Nintendo Switch), Google (Stadia), Valve (Steam), Epic, dan platform tambahan yang tersedia untuk fitur-fitur ini. Informasi Anda yang diterima oleh platform ini dapat tunduk pada pemberitahuan privasi mereka masing-masing.

Dengan Persetujuan Anda. Kami dapat berbagi informasi dengan pihak ketiga lainnya dengan persetujuan Anda secara tertulis kecuali jika dijelaskan di atas. Misalnya, Anda dapat menyetujui kami untuk berbagi informasi Anda dengan perusahaan atau organisasi tertentu untuk mengetahui produk, layanan, atau promosi mereka, atau jika Anda memberi tahu kami bahwa Anda ingin menautkan akun EA Anda dengan layanan perusahaan lain. Penggunaan informasi yang Anda setujui akan tunduk pada pemberitahuan privasi terkait pihak ketiga tersebut.

5. Tempat Kami Menampung Informasi Anda

Informasi pribadi yang kami kumpulkan dapat disimpan dan diproses untuk tujuan yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi dan Kuki ini di Amerika Serikat atau negara lainnya yang menjadi lokasi operasi EA, anak perusahaannya, atau agen pihak ketiganya. Dengan menyetujui transfer data pribadi Anda ke luar negara tempat Anda tinggal, Anda mengakui bahwa informasi pribadi Anda dapat ditransfer ke penerima di Amerika Serikat dan negara lainnya yang mungkin tidak menawarkan tingkat perlindungan privasi yang sama seperti undang-undang di negara domisili atau kewarganegaraan Anda.

Praktik privasi EA mematuhi Sistem Aturan Privasi Lintas Batas APEC. Sistem CBPR APEC menyediakan kerangka kerja bagi organisasi untuk memastikan perlindungan informasi pribadi yang ditransfer di antara negara yang berpartisipasi dalam ekonomi APEC. Informasi lebih lanjut tentang kerangka kerja APEC tersedia di https://www.apec.org/Groups/Committee-on-Trade-and-Investment/~/media/Files/Groups/ECSG/CBPR/CBPR-PoliciesRulesGuidelines.ashx.

Electronic Arts Inc. memegang sertifikasi di bawah Privacy Shield UE-AS dan Swiss-AS yang tersedia di www.privacyshield.gov. Apabila Electronic Arts Inc. mengirimkan informasi dari Area Ekonomi Eropa (European Economic Area/EEA), Inggris dan Swiss ke afiliasi, agen atau penyedia layanan lain yang berada di luar EEA, Inggris, dan Swiss, Electronic Arts, Inc. akan melakukannya sesuai dengan prinsip 'Akuntabilitas untuk Transfer Selanjutnya' dari Privacy Shield. Jika diperlukan, EA, akan mengandalkan Klausul Kontrak Standar UE dan pengamanan lainnya untuk mengaktifkan transfer di luar EEA, Inggris, dan Swiss. Sejalan dengan keputusan Pengadilan Hukum Uni Eropa pada 16 Juli 2020 dalam kaitannya dengan Privacy Shield UE-AS dan pedoman dari Dewan Perlindungan Data Eropa, EA terus menilai peraturan dan hukum negara tempat tujuan data ditransfer dan, sebagaimana diperlukan, memperbarui langkah-langkah untuk memastikan bahwa kami memberikan perlindungan dengan tingkat yang memadai.

6. Cara Kami Melindungi Informasi Anda

Keamanan informasi Anda merupakan prioritas di EA, dan kami mengambil berbagai langkah untuk membantu melindunginya, termasuk enkripsi informasi yang sensitif. Meski begitu, tidak ada langkah keamanan adalah 100% sempurna. Kami tidak dapat menjamin keamanan informasi Anda dan tidak bertanggung jawab apa pun atas penggunaan atau akses yang tidak sah ke informasi Anda yang di bawah kendali kami.

7. Anak-anak

Meski mayoritas game online dan seluler EA dan Layanan ditujukan untuk orang dewasa, EA menyadari pentingnya melindungi privasi anak-anak secara online. Jika berlaku, kami berusaha untuk mengikuti berbagai pedoman usia minimum yang ditetapkan oleh hukum negara atau wilayah masing-masing saat menentukan usia anak yang dapat mengakses fitur-fitur tertentu dari Layanan kami.

Saat pemain mengidentifikasi diri sebagai anak-anak, kami akan:
(1) meminta persetujuan dari orang tua atas penggunaan informasi pribadi anak-anak mereka, sesuai dengan hukum yang berlaku. Sebagai contoh, kami mengizinkan orang tua untuk membuat Akun EA anak pada Layanan tertentu, dan dengan persetujuan orang tua, EA akan mengumpulkan dan menggunakan informasi pribadi anak-anak tertentu untuk mengelola Akun EA anak;

(2) menonaktifkan fitur di Layanan tertentu yang dapat memungkinkan anak untuk berbagi informasi yang secara langsung mengidentifikasi mereka. Sebagai contoh, kami akan menonaktifkan fitur untuk anak-anak yang dapat memfasilitasi mereka untuk memasukkan informasi pribadi (misalnya obrolan atau pesan teks) dalam game online atau multipemain;

(3) mengumpulkan dan menggunakan informasi tertentu hanya untuk tujuan terbatas. Misalnya, kami dapat mengirimkan pemberitahuan dalam aplikasi lokal, yang tidak mengandalkan pengumpulan informasi pribadi. Juga, pengidentifikasi tetap (mis. Alamat IP atau pengidentifikasi perangkat iklan seluler) dapat dikumpulkan untuk mendukung operasi internal kami, seperti: (4) tidak menjadikan pengungkapan informasi pribadi yang lebih banyak daripada yang sewajarnya sebagai syarat keikutsertaan seorang anak dalam sebuah aktivitas (misalnya, kontes). Dengan aktivitas terkait Layanan tertentu, kami mungkin tidak mengizinkan anak untuk berpartisipasi sama sekali, meskipun kami memiliki izin.

Kontrol dan pilihan orangtua:
Jika Anda adalah orang tua atau wali dan ingin membatalkan izin yang Anda berikan sebelumnya, tinjau informasi yang diambil dari anak Anda atau hapus informasi tersebut, silakan hubungi melalui opsi di Bagian 11 di bawah ini. Jika kami mengetahui bahwa seorang anak telah memberi kami informasi pribadi, kami akan menghapus informasi pribadi apa pun yang telah kami kumpulkan, kecuali kami memiliki kewajiban hukum untuk menyimpannya, dan menghentikan akun anak dan/atau mengembalikannya ke pengalaman di bawah umur, sebagaimana yang berlaku.

Jika kami membuat perubahan materi tentang cara kami mengumpulkan, menggunakan, membagikan, atau memproses informasi pribadi anak Anda, kami akan memberi tahu orang tua melalui email atau dengan cara lain sebagaimana diharuskan oleh hukum yang berlaku.

Kami mendorong Anda untuk berbicara dengan anak-anak Anda tentang berkomunikasi dengan orang asing dan risiko mengungkapkan informasi pribadi secara online. Anda dan anak Anda harus meninjau pengaturan privasi yang berlaku untuk penggunaan mereka atas Layanan kami, serta halaman web Keamanan Online kami di https://tos.ea.com/legalapp/OnlineSafety/US/id/PC/ untuk informasi tambahan tentang menggunakan internet dengan aman.

8. Pilihan dan Kontrol Anda

Kami memberikan pilihan yang bermakna dalam hal pengumpulan dan penggunaan informasi Anda. Misalnya, jika Anda tidak lagi ingin menerima email promosi dari EA, Anda dapat klik tautan berhenti berlangganan yang tercantum dalam footer dari setiap email promosi yang kami kirim.

Untuk menggunakan salah satu hak yang tercantum di bawah ini, Anda dapat menghubungi kami melalui help.ea.com atau Administrator Kebijakan Privasi yang sesuai untuk negara Anda yang terdaftar di privacyadmin.ea.com melalui email, surat pos, atau telepon. Untuk melindungi keamanan akun dan informasi pribadi Anda, Anda akan diminta untuk memverifikasi kepemilikan akun Anda sebelum menggunakan hak-hak ini. Setelah Anda memverifikasi kepemilikan akun Anda, Anda juga dapat diminta untuk memberikan konfirmasi Anda yang memberi otorisasi kepada agen untuk menggunakan hak-hak ini untuk Anda.

Hak Anda untuk menghapus. Anda dapat menonaktifkan Akun EA atau menghapus informasi pribadi yang terkait dengan akun Anda dengan menghubungi kami melalui help.ea.com atau Administrator Kebijakan Privasi di negara Anda yang tercantum di situs kami di privacyadmin.ea.com. Jika Anda melakukannya, Anda tidak akan lagi memiliki akses ke game atau Layanan EA yang terkait dengan akun Anda. Perhatikan bahwa EA dapat menyimpan informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan sengketa, menegakkan Persetujuan Pengguna kami, melindungi hak-hak hukum kami, dan mematuhi persyaratan teknis dan hukum dan kendala yang terkait dengan keamanan, integritas, dan pengoperasian produk kami. Jika tidak, kami akan menyimpan informasi pribadi Anda selama waktu yang diperlukan untuk menyediakan, membuat, dan meningkatkan Layanan kami, serta untuk mematuhi hukum.

Hak Anda untuk mengakses. Anda dapat mengakses informasi pribadi yang kami miliki tentang Anda. Anda dapat mengunduh salinan informasi Akun EA Anda dengan mengunjungi Akun EA Anda dan klik tab “Data EA Anda”, atau dengan mengunjungi: https://myaccount.ea.com/cp-ui/downloaddata/index. Untuk meminta akses ke data tambahan, silakan hubungi kami melalui help.ea.com. Sebelum kami memproses permintaan apa pun, kami mungkin meminta informasi pribadi tertentu untuk memverifikasi identitas Anda.

Hak Anda untuk mengoreksi. Anda dapat meminta koreksi terhadap informasi pribadi Anda yang tidak akurat atau tidak lengkap. Dalam beberapa kasus, kami dapat menyediakan alat layanan mandiri, seperti yang ada di portal pelanggan Akun EA di https://myaccount.ea.com/cp-ui/aboutme/index, yang memungkinkan Anda untuk memperbarui beberapa informasi pribadi Anda.

Hak Anda untuk menolak atau berkeberatan dengan pemrosesan tertentu. Anda mungkin memiliki hak untuk menolak penjualan informasi pribadi Anda kepada pihak ketiga, jika berlaku, atau keberatan dengan beberapa pemrosesan data Anda, dan permintaan tersebut diizinkan oleh hukum.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: https://tos.ea.com/legalapp/WEBPRIVACYCA/US/en/PC/.

Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan browser Anda untuk memblokir pelacakan online tertentu, seperti kuki, sebagaimana dijelaskan lebih lanjut dalam Pasal 2(A).

Anda memiliki hak untuk tidak menerima perlakuan diskriminatif untuk pelaksanaan hak privasi yang dijelaskan dalam bagian ini.

9. Layanan pihak ketiga

Situs web dan Layanan kami mungkin berisi iklan atau tautan ke layanan pihak ketiga (seperti tombol “Suka” Facebook atau tautan ke situs web pihak ketiga). Jika Anda mengklik tautan tersebut, termasuk iklan, Anda akan meninggalkan Layanan EA dan membuka layanan atau situs pihak ketiga yang Anda pilih. Jika Anda mengunjungi situs web pihak ketiga atau menggunakan layanan pihak ketiga, Anda harus meninjau kebijakan privasi layanan atau situs tersebut karena aktivitas Anda pada situs atau layanan pihak ketiga diatur oleh kebijakan privasi mereka.

10. Perubahan pada Kebijakan Kami

Sesekali kami dapat memperbarui kebijakan privasi ini. Saat kami melakukannya, kami akan merevisi tanggal "terakhir diperbarui" di bagian atas kebijakan. Jika terdapat perubahan materi pada kebijakan ini, kami akan melakukan upaya yang dinilai baik untuk memberi tahu Anda dengan mengirim pemberitahuan yang jelas tentang perubahan tersebut sebelum berlaku atau dengan mengirimkan pemberitahuan secara langsung kepada Anda sebagaimana yang diperlukan berdasarkan hukum setempat.

11. Hubungi kami

Jika Anda memiliki keluhan atau pertanyaan tentang kebijakan ini, silakan hubungi Administrator Kebijakan Privasi untuk wilayah Anda, yang terdaftar di privacyadmin.ea.com. Atau, Anda dapat menghubungi Petugas Perlindungan Data kami di dpo@ea.com. Jika Anda memiliki permasalahan terkait privasi atau penggunaan data yang belum terselesaikan dan belum kami tangani secara memuaskan, silakan hubungi penyedia penyelesaian sengketa pihak ketiga kami yang berbasis di AS (bebas biaya) di https://feedback-form.truste.com/watchdog/request. Kami akan menanggapi permintaan Anda dalam jangka waktu yang dinilai baik.

Pengontrol informasi pribadi yang diproses menurut kebijakan ini adalah Electronic Arts Inc., 209 Redwood Shores Parkway, Redwood City, CA 94065. Perwakilan Electronic Arts Inc. di Uni Eropa adalah Electronic Arts Limited, Onslow House, Onslow Street, Guildford, GU1 4TN, United Kingdom.

12. Hak untuk Menghubungi Otoritas Perlindungan Data

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang cara kami mengumpulkan dan menggunakan informasi, silakan hubungi kami. Anda juga memiliki hak untuk menghubungi Otoritas Perlindungan Data setempat Anda jika Anda menginginkannya. Detail kontak untuk Otoritas Perlindungan Data di UE ada di ec.europa.eu/justice/data-protection/bodies/authorities/index_en.htm.

13. Informasi lebih lanjut

Untuk informasi lebih lanjut dan pembaruan pada kebijakan ini, kunjungi privacy.ea.com/id.


Kebijakan Privasi dan Kuki Sebenarnya